Makanan ini mirip dengan kerak telur di Jakarta

Jika di Jakarta banyak ditemukan kerak telur, hal yang berbeda disajikan oleh kuliner khas Indramayu.
 
Kota yang terkenal dengan mangganya ini memiliki makanan sejenis kerak telur, yang menggunakan pisang manis sebagai bahan utamanya. Makanan ini dikenal masyarakat setempat dengan sebutan Kerak Pisang atau Kue Tapel. 

Makanan kebanggaan masyarakat Indramayu ini, jika dilihat dari segi bahan dan proses pembuatannya memang memiliki kemiripan dengan kerak telur yang dikenal masyarakat Jakarta. 

Kue Tapel berbahan utama pisak kepok yang hampir matang. Uniknya, kue tapel sudah ada sejak puluhan tahun silam. Namun, keberadaannya masih tetap lestari dan bahkan semakin menjamur. 

Harganya pun terus menanjak. Dahulu, kue tapel ini hanya dijual seharga Rp 500, namun kini harganya telah membengkak menjadi Rp 3000 per porsi. 

Untuk membuat satu kue Tapel dibutuhkan waktu sekitar 5 sampai 7 menit. Untuk cara pembuatannya, adonan parutan kelapa dicampur dengan tepung terigu dan diaduk secara merata.

Adonan halus ini, kemudian diratakan diatas wajan yang dipanasi oleh bara arang kayu bakar. Adonan tadi dibiarkan setengah matang diatas wajan dan kemudian diratakan menyerupai pembuatan crepes. 

Selanjutnya, pada adonan yang hampir matang itu diletakan potongan-potongan kecil pisang kepok yang ditekan perlahan agar tercampur merata. Untuk menambah cita rasa, pembuatnya menambahkan taburan satu sendok gula jawa. 

Setelah matang dan warna crepes ini berubah menajdi sedikit kecoklatan, artinya kue tapel telah siap di santap. 

Lebih nikmat lagi kalau kerak pisang ini dinikmati dalam kondisi yang masih panas atau hangat.