Minggu, 01 Juli 2012

Dasar Branding


Pernahkah bertanya mengapa bisnis kompetitor lebih mendapat perhatian daripada Anda? Jawabannya kemungkinan besar berhubungan dengan elemen-elemen yang menentukan seberapa memorable bisnis Anda di benak pelanggan. Inilah inti dari branding.
Tapi apa sebenarnya branding itu? Branding berguna untuk menanamkan image perusahaan ke dalam benak pelanggan. Apa yang dipikirkan pelanggan tentang perusahaan Anda adalah tujuan dari branding. Branding yang baik mampu membedakan produk dan jasa kita secara positif dibanding dengan pihak lain dalam benak pelanggan.
Misalnya pada waktu kita siap untuk berbelanja rutin pada hari Sabtu pagi, memikirkan belanjaan apa saja yang perlu dibeli, dry cleaning yang perlu diambil, dan paket yang perlu dikirimkan ke kantor pos sebelum menjelang siang. Perjalanan ke kantor pos mengingatkan kita bahwa ternyata besok adalah ulang tahun ibu. Jadi kita perlu membeli kartu ucapan selamat secepatnya. Tanpa ragu-ragu, kita sudah tahu persis dimana akan membeli kartu ucapan, yaitu di Toko Hallmark yang terletak tak jauh dari supermarket.
Sekarang pertanyaannya, mengapa tiba-tiba bisa terpikir Hallmark? Jawaban dari pertanyaan tersebut tentu adalah hasil dari segala upaya branding yang dilakukan Hallmark dengan dua elemen inti branding, yaitu:
  • Logo: Desain logo yang menarik, mudah dibaca, dan mudah diingat.
  • Tag line atau slogan yang bagus.
Kita asumsikan produk Anda sendiri sudah bagus dan bermutu, kini semuanya tergantung image. Desain grafis memainkan peran penting untuk menciptakan image tersebut. Tapi apa saja faktor-faktor kunci yang perlu diperhatikan?
Pada artikel berikut kita akan membahas kedua elemen dalam branding, yaitu logo dan tag line.
Sumber:

0 komentar:

Posting Komentar